Review Jujur I Hotel Baloi, Hotel Bintang 4 di Batam

Saat saya ditugaskan oleh kantor untuk mengikuti sebuah acara di Batam, panitia menanggung biaya transportasi dan menyiapkan akomodasi. Untuk urusan akomodasi, kami diinapkan di I Hotel Baloi. Selama 2 malam menginap di hotel ini, ada beberapa catatan yang ingin saya sampaikan. Berikut ini adalah review jujur saya tentang I Hotel Baloi di Kota Batam, Kepulauan Riau.

I Hotel Baloi adalah hotel berbintang 4 yang berlokasi di kawasan Baloi, Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Dari beberapa hotel yang pernah saya inapi, salah satu saya paling suka adalah I Hotel Baloi ini. Kenapa? Ada beberapa nilai plus yang memberikan kekuatan untuk hotel ini, walaupun tetap masih ada minusnya.. Apa aja plus dan minusnya? So, here is the review of I Hotel Baloi..

Lokasi

Setelah tahu lokasi acara ada di I Hotel Baloi, saya langsung memastikan lokasinya via google maps. “Wah, kayanya di pusat keramaian nih”, gumam saya.

https://ihotelbaloi.com/wp-content/uploads/2018/06/Building-Exterior-1024x617.jpg
lupa ambil foto luarnya, pinjem dari situs I Hotel Baloi Kota Batam Kepulauan Riau

Saya kira, tempat ramai di Batam hanya di kawasan Nagoya. Tapi ternyata di Baloi pun ramai, walaupun fasilitasnya mungkin nggak selengkap di Nagoya ya, terutama untuk hiburan. Tapi fasilitas penunjang di sini pun menurut saya cukup. Hotel banyak, mall ada, tempat makan tinggal pilih, dan lain sebagainya.

Taksi yang mengantarkan saya berhenti di depan I Hotel Baloi. Saya masuk melewati metal detector, kemudian menuju resepsionis.

Walaupun berbintang 4, tapi area I Hotel Baloi tak terlalu luas. Halaman depannya kecil. Malah, posisinya bukan lagi di depan, tapi di samping, menyesuaikan dengan ketersediaan lahan.

Dari segi lokasi, hotel ini strategis banget! JUARA!!

Mau belanja atau ngemall? Ada banyak mall di sekitar hotel.. Yang paling dekat ada Grand Batam Mall yang jaraknya cuma 100 meter!! Mall terdekat lainnya yaitu BCS Mall.

roti john batam
roti john batam

Saat malam tiba, di depan hotel berjejer kuliner malam dengan berbagai pilihan. Mulai dari yang agak ringan kaya roti john sampai dengan pecel ayam. Urusan perut aman!

Baca juga: Kuliner Batam

Di seberang hotel juga ada banyak kios dan minimarket. Di kios-kios itu juga dijual berbagai jenis alkohol. Di Batam, alkohol dijual bebas di setiap sudutnya.

Selain itu, buat kamu yang ingin nyeberang ke Singapura, I Hotel Baloi ini juga cukup strategis.

Baca juga: Pengalaman ke Singapura Pertama Kali

Salah satu starting point untuk nyeberang ke Singapura adalah Harbour Bay. Nah, jarak dari I Hotel Baloi ke Harbour Bay ini dekat banget. Jaraknya hanya sekitar 4,7 km danΒ  bisa ditempuh dengan waktu kira-kira 15 menit saja.

Baca juga: Drama di Imigrasi Singapura

Fasilitas

Hotel ini punya beberapa fasilitas untuk memanjakan tamunya. Ditulis di websitenya, beberapa fasilitas itu adalah:

  • 4 meeting rooms
  • Nutmeg cafe
  • Thyme Sports Bar
  • Square Club & KTV
  • Gym
  • Theraz SPA
  • Pool & Kids Pool
  • Juniper Poolside Bar

Acara dilaksanakan di sebuah aula. Aula yang kami pakai kecil tapi cukup representatif! Tiap peserta disediakan air mineral botol, permen, dan alat tulis. ACnya dingiiiin banget!

Tapi sayang saya enggak sempat fasilitas lainnya. Jadi untuk review fasilitas lainnya saya skip.

Kamar

Fasilitas Kamar

Begitu masuk kamar, lemari terbuka langsung menyambut. Di sebelahnya terdapat brankas dan kulkas. Sejujurnya, saya enggak pernah memanfaatkan fasilitas brankas di hotel ahaha.. Air mineral, gelas, kopi dan ketel listrik tak luput tersedia di lemari brankas.

Tombol pengaturan ac dan tombol lainnya terlihat mewah. Dalam hal ini saya suka banget bentuknya. classy!!

Kita adalah generasi yang tak bisa lepas dari perangkat elektronik. Untuk itu, colokan listrik sangat penting buat kita. Di I Hotel Baloi, colokan listrik enggak terlalu banyak tapi menurut saya cukup, bahkan kalaupun kita menginap berdua. Hanya saja, yang disayangkan di dekat tempat tidur hanya tersedia 1 colokan. Ini cukup krusial bilamana kita dan teman sekamar baterai handphonenya sama-sama lowbat tapi ingin tetap main handphone sambil rebahan :D..

colokan listrik i hotel baloi

Kamarnya cukup simpel yang menurut saya elegan. Dindingnya polos, dengan sebuah lukisan di salah satu sudut kamar. Lantainya karpet, selera saya pribadi sih saya lebih menyukai lantai parquet.

review i hotel baloi

Kasurnya empuk, standar hotel bintang 4, dengan seprei dan selimut putih polos.

Di depan kasur terdapat meja dan kursi empuknya serta tatakan memanjang untuk menaruh barang-barang kecil. Di atasnya terdapat sebuah televisi. Di bawahnya terdapat sebuah tempat sampah kecil.

Kalau kamu muslim dan ingin sholat di kamar, di hotel ini juga tersedia penunjuk arah kiblat. Hanya saja lokasinya tersembunyi, berada di laci meja. Saya awalnya enggak tahu, akhirnya menemukan penunjuk arah kiblat itu tanpa sengaja saat iseng menarik laci meja.

penunjuk arah kiblat i hotel baloi

Fasilitas lainnya yaitu terdapat sebuah sofa empuk dan meja kecil. Berguna saat kita ingin bersantai sambil ngopi dan melihat keluar jendela. Dari kamar yang saya tempati, view dari jendela adalah pemandangan kota dan kolam renang hotel.

Wow Ada Guling!!

Kamu orang Indonesia? Kamu suka tidur pakai guling? Biasanya, hotel-hotel berbintang enggak menyediakan guling di kamarnya. Tapi di sini, di I Hotel Baloi, kamu bisa pelukan sama guling semalaman!!

kamar i hotel baloi

Sebagai orang yang sangat ketergantungan sama guling, fasilitas guling yang disediakan oleh I Hotel Baloi benar-benar menjadi nilai plus buat saya.

cuddle yuk

Dari beberapa hotel berbintang yang pernah saya datangi, baru di I Hotel Baloi ini lah saya mendapatkan guling ahaha.. Guling ini masalah sepele, tapi krusial bagi beberapa orang. Kehadiran guling ini juga lah yang menurut saya menjadi kekuatan terbesar I Hotel Baloi, selain lokasi.

Kamar Mandi

Sama seperti kamarnya, kamar mandinya menurut saya didesain simpel.

Kamar mandi memiliki 2 bagian, area basah dan area kering yang dipisahkan oleh sekat dan pintu kaca. Saya suka sekat pemisah ini, sehingga area kering tetap kering. Kadang di hotel lain sekat pemisahnya berupa tirai sehingga cipratan air masih sering membasahi area kering.

Di dekat wastafel, toilettries tersusun rapi di sebuah tatakan kayu. Di laci bawahnya tersedia hair dryer, cocok buat kita-kita yang berambut gondrong haha..

review i hotel baloi
review i hotel baloi

Yang kurang nyaman di sini adalah semprotan toilet yang kurang mantap. Kalau orang barat mungkin cukup pakai tisu yang tersedia. Tapi kalau saya sebagai orang Timur, semprotan toilet itu penting banget. Kalau semprotannya kurang kenceng berasa kurang bersih aja.

Makanan

Sekarang kita beralih ke menu sarapan. Selayaknya hotel bintang 4, I Hotel Baloi menawarkan menu sarapan yang sangat beragam. Menu nusantara, western, chinese, dan bahkan japanese juga ada.

sarapan i hotel baloi
rasanya B aja

Tapi ntah kenapa ya, menurut pengalaman saya. Menu yang terlanjur banyak gini malah citarasanya B aja. Ini terjadi di beberapa hotel bintang 3 dan 4 yang pernah saya inapi, termasuk di I Hotel Baloi ini. Malah menu makanan di hotel bintang 2 yang hanya beberapa pilihan terasa lebih nikmat (Mungkin saya cocoknya di hotel bintang 2 ke bawah , wkwk).

Tapi kalau kamu lebih fokus ke kandungan gizinya dan nggak masalah dengan rasa (rasanya bukannya enggak enak ya, hanya enggak istimewa), sarapan di I Hotel Baloi gizinya lengkap, 4 sehat 5 sempurna. Ada nasi, roti-rotian, cereal, mie, lauknya beragam, sayur ada, buah ada, susu ada, pokoknya lengkap!

menu sarapan i hotel baloi
menu Indonesia

Tapi ingat ya guys,, jangan serakah kalau sarapan di hotel dengan menu lengkap gini. Kalau mau nyicipin banyak makanan, ambil masing-masing sedikit aja porsinya. Jangan maruk tapi abis itu nyisa banyak. Oke?! Tos dulu!

spagheti i hotel baloi
ambil secukupnya aja ya guys..

Pelayanan Staf Hotel

Untuk hal ini saya patut acungi jempol! Selama saya menginap, saya enggak pernah menerima perlakuan kurang menyenangkan. Semua staf dari satpam, resepsionis, roomboy dan lain-lain semuanya sangat ramah dan murah senyum. Bahkan ketika setelan saya dari papa muda berkemeja putih rapi berubah menjadi setelah backpacker dengan kaos, celana pendek dan rambut acak-cakanΒ  ketika hendak one day trip ke Singapura, saya menitipkan backpack saya, petugas melayani dengan sangat ramah.

Satu kata: TOP!

Harga

Saya menginap bukan dengan biaya sendiri, melainkan telah diurus oleh panitia acara. Tapi berdasarkan yang saya lihat di aplikasi OTA, harga normalnya mulai di angka 1 jutaan walau kadang turun sampai 800ribuan sejauh yang pernah saya lihat.

Okay,, itu adalah review jujur i hotel baloi dari saya.. Ada plus, ada juga minusnya.. Walaupun begitu, pengalaman dan penilaian setiap orang mungkin berbeda. Kalau buat saya sih, overall saya puas karena kualitas tidur saya optimal dengan adanya guling ahaha..

review i hotel baloi i hotel baloi kota batam kepulauan riau i hotel baloi kota batam kepulauan riau i hotel baloi kota batam kepulauan riau i hotel baloi kota batam kepulauan riau i hotel baloi kota batam kepulauan riau

selfie di i hotel baloi
sebagai penutup, selfie dulu..

***

Menginap Oktober 2019

Traveler Paruh Waktu

Travel Blogger Indonesia. Traveler Paruh Waktu. 100% sundanese. ASN pengagum Ibu Pertiwi, terutama akan keindahan alamnya. Suka bertualang, suka bercerita, suka membuat video.

Related Posts

21 Responses
  1. Wuiiih lengkap betul reviewnya hihihi~

    Tombol AC jenis integrasi seperti itu memang bagus, tapi saya masih lebih suka remote biar bisa ditaruh samping bantal. Kalau dingin gampang matikannya HAHAHA. Eniho, jarang-jarang lho ada hotel kasih guling, tapi make sense kalau dikasih bantalnya cuma 1 pasti ditemani guling. Normalnya hotel lain kasih 2 bantal tanpa guling (kapan ya terakhir kali saya pakai guling? Jadi kangen mau pakai guling hehehe).

    By the way saya juga lebih suka lantai stone / parquet, daripada karpet. Karena lantai karpet sering jadi sarang debu, dan lebih susah dibersihkan ketimbang dua tipe lantai lainnya (Especially kalau sudah ketumpahan air endebre endeblablanya) πŸ˜› untuk kamar mandinya okay punya, dan menu sarapannya lumayan juga πŸ˜€

    Thank you for the review mas, ditunggu review berikutnya πŸ™‚

    1. saya juga lebih suka remote ac biasa sih.. biar gampang ngecilin gedein atau matiinnya πŸ˜€ ..

      kalau saya berasa kurang nikmat aja gitu tidur enggak pake guling, udah kebiasaan sejak kecil hehe..

      bener banget,, kalau debu mudah kotor.. kadang ada hotel yang jorok juga.. lebih nyaman parquet..

  2. Buatku, sebuah hotel bakal aku bilang bagus, kalo AC nya dingiiiin sesuai seleraku hahahahah. Pernah stay di hotel berbintang, tp AC nya ga bisa dingin maksimal. Itu bikin murka sih, secakep apapun hotelnya, bakal aku blacklist hahahaha.

    Kalo hotel yg pake guling, aku sempet ketemu bbrp kali. Tapi memang jarang hotel yg menyediakan guling gini. Aku sendiri ga terlalu mentingin guling Krn LBH suka meluk pak suami huahahahah…

    1. aku AC bukan indikator utama karena aku ngga suka dingin wkwkwk.. Asal ngga kerasa panas aja itu udh cukup.. hehe.. Tapi hotel berbintang klo ACnya ngga dingin emang parah sih..

      wah romantisnya, tidurnya masih peluk2an πŸ˜€

  3. Sebagai hotel bintang 4 di sebuah kota memang terbilang meuuuuwaah banget yak, apalagi dilengkapi dengan penunjang fasilitas dan kebutuhan lain.. Terkadang kalo dikasih penginapan secara gratis gitu jadi lupa nikmati fasilitas fasilitas yang dikasih di hotel tersebut. Kayak gym, berenang, tipi, dan lainnya.. Paling yang dinikmati hidangan paginya hha, setelah itu udah ngicir kemana mana πŸ˜€

  4. Standar hotel di Batam memang mahal ya? Kalo di Jawa, hotel bintang 4 bisa diinapi mulai di kisaran Rp500ribuan hehe.

    Beberapa hotel bintang 4 yang pernah kuinapi juga nggak ada lobi besar, misalnya Best Western Bandung sama All Sedayu Kelapa Gading. Cuma memang fasilitas kamar dan hotelnya lengkap. Nggak semua buffet breakfast rasanya biasa kok, yang menunya berlimpah tapi rasanya oke juga ada. Nanti kamu akan menemukannya sendiri πŸ˜€

    1. Batam sama kaya di Bukittinggi, standar bintang 4nya segituan,, kalau di Pekanbaru nah pernah dpt bintang 4 cuma 300an (lagi promo sih)..

      dari beberapa bintang 4 yg kuinapi, nggak ada yang spesial.. tapi banyak yg lumayan sih,, cuma itu, nggak spesial πŸ˜€

  5. Mampir ke sini karena mau ‘belajar’ menulis review hotel. Udah beberapa kali nginep hotel dan berniat menulis review tapi kok pendek banget?! haha. Keren kamu mas bisa panjang lebar dan mendetail gitu reviewnya. Doakan artikel review hotel saya bisa cepat tayang dan berkualitas hahaha

    1. aku juga masih newbie kok.. baru review hotel beberapa aja.. baru mulai karena emang suka bingung mau nulis apa wkwwk.. biasanya ngga pernah ditulis.. tuh komen di atas, bro Nugi aka Matius Teguh expertnya review hotel πŸ˜€

      semoga cepat tayang artikel hotelmu πŸ™‚

Leave a Reply