Lomba Video Sudah Pengumuman, Dapat Juara?

Masih ingat artikel saya tentang video cinematic pertama saya?? Video itu saya buat bersama 2 orang teman kantor dalam rangka perlombaan video pendek memperingati HUT instansi tempat saya bekerja. Pada tanggal 15 Juni 2020 kemarin, pemenangnya diumumkan, video kami dapat juara berapa??

Buat yang belum nonton, ini videonya..

KAMI JUARA 1 !!!

Senang rasanya.. we made it!!

Lomba ini dibuat untuk memeriahkan HUT BPKP ke-37. Lomba ini hanya berlaku untuk internal instansi yang pesertanya juga hanya pegawai BPKP yang tersebar di 34 kantor perwakilan di 34 provinsi dan di beberapa unit kerja di kantor pusat. Walaupun saingannya dikit, tapi bagi saya ini merupakan suatu pencapaian karena tahun-tahun sebelumnya nggak pernah menang haha..

Tiap tahunnya, dalam rangka memeriahkan HUT, instansi saya selalu mengadakan berbagai macam lomba, sebagian besar untuk internal. Tahun 2018 saya ikut lomba foto dalam rangka HUT BPKP ke-35, sayangnya nggak dapat juara. Tahun 2019, bersama Aria dan Rizky, saya ikut lomba video pendek dalam rangka HUT BPKP ke-36. Kali ini gagal lagi, video kami enggak dapat juara. Baru di tahun 2020 ini, masih bersama Aria dan Rizky, akhirnya kami merasakan juara 1.

Ini video yang kami lombakan tahun lalu, yang ngga dapat juara 😀

Ada beberapa kategori yang dilombakan. Kami di BPKP Sumatera Barat hanya ikut beberapa kategori saja. Dari beberapa kategori yang kami ikuti, kami menang di 3 kategori:

  1. Juara 1 lomba video pendek dengan tema “Sehari Bersama Auditor”
  2. Juara 1 lomba video kolase lagu
  3. Juara 2 lomba yel-yel

dan secara keseluruhan, kantor saya medapat predikat JUARA UMUM. Wuiiih, sejarah banget tahun ini haha.. Dari ketiga lomba itu, saya hanya terlibat di lomba video pendek, bersama Aria dan Rizky.

Proses Pembuatan Video Pendek “Sehari Bersama Auditor”

Begitu diberi amanah oleh Kabag TU untuk mengikuti lomba video pendek, kami bertiga langsung putar otak mencari ide dengan mempertimbangkan kriteria yang ditentukan.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi yaitu:

  1. orisinalitas ide video
  2. kesesuaian dengan tema
  3. nilai pesan yang disampaikan (eksplisit/implisit)
  4. kreativitas dan estetika/artistik karya
  5. durasi (antara 3 s.d. 5 menit)

Aria melempar ide untuk membuat tema WFO di masa pandemi. Saya lalu menambahkan dengan ide WFH. Di masa pandemi ini, ada pegawai yang bekerja di kantor ada juga yang bekerja di rumah. Oke, ide awal sudah bagus karena sesuai dengan current issue.. Perlu minimal 2 orang, kami pilih Nindy untuk WFO dan Ayu untuk WFH.

Temanya sehari bersama auditor. Saya langsung berpikir untuk merekam kantor di saat matahari terbit sebagai pembuka. Untuk penutup fleksibel, bisa pakai sunset, bisa juga pakai jam, atau cukup perlihatkan baju yang sama dari awal sampai akhir video.

Untuk nilai pesan yang ingin disampaikan, kami sepakat untuk mengangkat nilai-nilai instansi kami, PIONIR. Dari kerangka itu, Aria membuat daftar kegiatan apa saja yang akan diangkat menyesuaikan dengan nilai masing-masing yaitu Profesional, Integritas, Orientasi pada Pengguna, Nurani dan Akal Sehat, Independen, dan Responsibel. Saya melengkapi untuk adegan-adegan WFH.

Berikutnya untuk kreativitas dan estetika, saya langsung terpikir untuk membuat video cinematic. Ini tantangan buat saya karena belum pernah membuat video cinematic sebelumnya. Kebetulan saya juga yang ambil scene-scenenya. Saya mulai cari-cari referensi di youtube untuk inspirasi sudut pengambilan gambar dan scene-scene yang diperlukan.

Saya catat adegan-adegan yang harus dilakukan dan di mana saja tempatnya. Setelah itu, selain 2 pemain inti, kami butuh pemain pendukung. Kami enggak nunjuk siapa-siapa aja, pokoknya ada orang lewat depan kami, langsung kami paksa jadi cameo haha.. Dapatlah Angga, Corryn, Gebby, Chyntia.. Untuk scene WFH tentu baby Kanaya diikutin dong 😀 ..

behind the scene
behind the scene

Bagian terakhir tinggal editing. Proses pengeditan juga cukup rumit, terutama untuk menyesuaikan dengan durasi maksimal yang hanya 5 menit. Pemilihan musik yang pas untuk backsong, bongkar pasang scene, menstabilkan scene yang masih terlalu goyang, color grading, tambah teks, dan lain-lain. Pada proses editing ini, kepiawaian Rizky yang paling banyak berperan. Sebelum dikirim, sentuhan terakhir adalah menambahkan narasi karya Aria, dan dibacakan Arum. Akhirnya, jadilah video pendek bertema “Sehari Bersama Auditor” yang kami beri judul Ini Cerita Kami Tentang Hari Ini.

Thanks to….

Saya mau berterima kasih kepada tim video, Aria dan Rizky. Tanpa adanya narasi tentang nasionalisme dari Aria, tentu kesan saat menonton video ini akan berbeda, akan terasa flat. Lalu keterampilan Rizky dalam mengolah file-file mentah dan menggabungkannya menjadi sebuah video pendek adalah kunci penutup yang manis.

Makasih juga buat Ayu dan Nindy yang sudah mau menjadi pemeran utama video ini. Lalu teman-teman yang pasrah ditodong jadi cameo, Angga, Corryn, Geby, Chyntia, haha.. Kanaya yang mau akting asal miminya tercukupi 😀 , dan Arum yang rela rekam suara tengah malam supaya mengurangi noise haha. Tak lupa juga masukan-masukan dari teman-teman di luar tim video saat proses editing.

Tentunya semua juga tak luput dari dukungan kepala kantor dan seluruh pegawai di kantor. Peralatan yang memadai juga sangat membantu dalam proses produksi video ini. Tanpa kamera yang bagus dan stabilizer kamera, tak mungkin hasilnya akan seperti ini.

Dan tentunya, terima kasih juga buat kamu. Iya kamu, yang sedang membaca tulisan ini 🙂

Tabik.

Sebagian yang ikut dalam proses pembuatan video pendek –> Rizky, Bara, Aria, Arum, Ayu, Nindy..

***

traveler paruh waktu

Travel Blogger Indonesia. Traveler Paruh Waktu. 100% sundanese. ASN pengagum Ibu Pertiwi, terutama akan keindahan alamnya. Suka bertualang, suka bercerita, suka membuat video.

Related Posts

61 Responses
  1. Wah congratulations mas Bara 😀 finally jadi juarak setelah beberapa tahun nggak menang ehehe. Usaha memang nggak mengkhianati hasil, ya 🙂 ~ dan hasil yang memuaskan tentunya berkat kerjasama antar team juga 😀 saya ikutan senang dengarnya karena Sumbar jadi juara utama 😀

    Semoga ditahun-tahun mendatang, bisa mempertahankannya 😀 once again, congrats!

  2. OMG! Selamat mas Bara! Perjuangan yang ngga sia-sia. Ngga nyangka ya bisa juara 1. Pasti seneng banget. Semoga dengan menangnya lomba ini, mas Bara bisa termotivasi untuk ikutan lomba video yang lebih keren lagi. Pasti deh banyak yang support. Semoga bisa terus berkarya ya mas Bara! 🙂

  3. Sampai naik-naik meja ternyata buat dapatin angle yang oke ya. Hard work totally paid off!

    Selamat buat mas Bara dan teman-teman tim produksi videonya, layak banget jadi juara!

  4. Wuaah mantap mas Barra, videonya memang keren sih, layak juara. Semoga setelah menang, bonding timnya makin solid ya. Eh btw sudah syukuran belum atas predikat juara umumnya?

    1. setelah ini bakalan berpencar sih mas,, tim inti ada 3, yg 1 stay, yg 1nya mau lanjut kuliah di ITB, dan 1nya (saya) tinggal nunggu SK pindah ke Lampung 😀 ..

      belum syukuran nih 😀

  5. Selamat ya mas Bara video nya dapat juara 1.. senangnya hasil kerja keras pembuatan video bersama 2 orang teman terbayar sudah. Memang video nya keren seperti tayangan iklan yang digarap profesional.

    Congrattulations mas Bara & fruends…

  6. Masha Allah, keren banget, tapi saya yakin sih bakal menang, emang bagus banget sih 🙂
    Btw selamat ya, udah pas banget tuh bikin vidio yang lainnya, keren maksimal soalnya.
    Semoga segera lahir karya-karya lain yang sama kerennya 🙂

    1. sebetulnya ada yg bagus juga dari kontestan lain,, malah lebih matang secara teknik dan editing. sayangnya ada beberapa faktor yg kurang terpenuhi dalam penilaian hehe..

      makasih mbak 🙂 .. aamiin..

  7. ahhhh ini sih bagusss, aku pengen bikin beginian aja nggak bisa
    ini udah kayak iklan iklan tv. memang backsound ini susah susah gampang ya ngepasin sama feel yang dimau
    baby nya imuttt, pinter banget dishoot expresinya hehe

    1. bikin beginian harus didukung lensa fix dan gimbal mbak, untung kantorku ada jadi bisa explore 😀 .. ini aja aku masih dalam proses belajar, lagi rajin bikin video 😀

Leave a Reply