Mengunjungi Berbagai Bangunan Ikonik Dunia di Small World Purwokerto

Salah satu tip yang saya tulis di artikel 5 Tips Menghemat Pengeluaran Untuk Perantau Pecinta Traveling yaitu manfaatkan waktu mudik sekaligus untuk traveling. Small World Purwokerto adalah salah satu tempat yang saya kunjungi saat saya mudik.

Small World Purwokerto

Oktober 2017, saya dan Ayu mudik ke kampung halaman saya di Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Prov. Jawa Tengah. Sebuah desa nyaman di ujung barat Jawa Tengah yang penduduknya bukan orang Jawa, melainkan orang Sunda.

Selama mudik seminggu, saya sempatkan 1 hari untuk berwisata. Beberapa alternatif wisata saya kumpulkan, seperti Ranto Canyon, Kebun Teh Kaligua, Telaga Ranjeng, Guci (Kab. Tegal), dan Baturraden (Kab. Banyumas). Ayu memilih Baturraden karena dia belum pernah ke sana. Setelah pilih Baturraden, kembali bingung. Di Baturraden kan banyak pilihan wisatanya, lalu ke mana?? Akhirnya kami memutuskan untuk ke Small World Purwokerto yang masih tergolong tempat wisata baru.

Wisata Edukasi di Baturraden: Small World Purwokerto

Small World Purwokerto merupakan sebuah tempat wisata baru di Baturraden, Kabupaten Banyumas, tepatnya di Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Baturraden. Konsep dari tempat wisata ini adalah wisata edukasi untuk mengenalkan berbagai bangunan ikonik di seluruh dunia dalam bentuk miniatur. Selain dibuat menyerupai bentuk aslinya, di sebelahnya diberikan papan informasi mengenai bangunan tersebut.

Gue berangkat ke Small World Purwokerto bareng Ayu, ceuceu (panggilan kakak perempuan dalam bahasa sunda) dan keponakan-keponakan. Perjalanan dari rumah saya menuju Baturraden memakan waktu sekitar 2 jam.

Tips:

Jalan dari Purwokerto menuju Baturraden selalu menanjak, maka perhatikan kondisi kendaraan. Mulai dari kampas kopling, rem, dan tak lupa bensin.

Sampai di perempatan Baturraden dekat rumah makan pring sewu, kita belok kiri, ikutin jalan sampai beberapa ratus meter. Lokasi Small World Purwokerto (SWP) di sebelah kanan. Lokasinya mudah dikenali dengan jajaran warung-warung penjual makanan di depannya. Mobil diparkirkan dan harus membayar biaya parkir di awal. Lalu menuju loket untuk pembelian tiket. Dan terakhir sebelum masuk harus menunjukkan tiket di pintu masuk untuk dicap di tangan.

Jam buka = 07.00 – 17.00 WIB
Biaya Parkir Mobil = Rp7.000
Harga tiket masuk (HTM) dewasa = Rp20.000
Harga tiket masuk anak-anak (3-12 tahun) = Rp10.000
Diskon 20% untuk pemegang kartu tanda anggota pramuka kwarcab Banyumas
Pengunjung yang bawa drone harus lapor ke petugas
Foto prewedding = Rp200.000 / 3 jam

Hal pertama yang musti dilakukan jika sedang piknik bareng keluarga gini adalah…. mencari tempat peristirahatan untuk menaruh barang bawaan. Kami pun segera mencari pondok-pondok yang disediakan dengan jumlah yang cukup banyak untuk para pengunjung. Sayang sekali semua pondok penuh, padahal ini hari Kamis lho. Beruntung ada 1 keluarga yang meninggalkan pondok dan kami pun mengisinya.

Keponakan-keponakan saya yang masih kecil begitu antusias ketika mencari spot-spot bermain. Ceuceu hanya duduk mengawasi anak-anak kecil dari pondok. Ayu dan Lindi nemenin anak-anak kecil, sedangkan saya sibuk berkeliling memotret setiap miniatur bangunan ikonik dunia.

Daya Tarik Small World Purwokerto

Kalau dikelompokkan, setidaknya ada 5 hal menarik di SWP:

  • Miniatur bangunan-bangunan ikonik dunia
  • Tempat persewaan baju tradisional
  • Miniatur bangunan-bangunan ikonik Indonesia
  • Area bermain anak-anak yang tersebar di beberapa titik
  • Area taman yang juga bagus untuk selfie
  • Udara segara pegunungan

Unggulan utamanya tentu miniatur bangunan-bangunan ikonik dunia. Pengunjung akan disuguhi berbagai miniatur bangunan paling ikonik di dunia dari berbagi negara di semua benua, seperti patung liberty, menara eiffel, piramida, dan masih banyak lagi.

Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto

Keterangan gambar
Atas: Kincir Angin dan Bunga Tulip Belanda, Menara Pisa Italia, Big Ben London Inggris,
Tengah: Tower Bridge London Inggris, Menara Eiffel Perancis, Piramida Mesir,
Bawah: the Mecca clock royal tower Arab Saudi, Ini bangunan apa ya??, Burj Al Arab

Di antara miniatur bangunan Jepang dan Korea, terdapat persewaan baju tradisional. Entah baju apa saja yang disewakan. Tetapi saat itu saya lihat beberapa ibu-ibu menyewa baju (entah) Korea atau Jepang dan berfoto di lokasi rumah Korea.

Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto

 

Keterangan gambar:
Atas: Twin Tower Malaysia, Merlion Singapura, Rumah Tradisional Korea (Hanok)
Tengah: White House Amerika Serikat, Patung Liberty Amerika Serikat, Colloseum Roma Italia
Bawah: Piramida Suku Maya Meksiko, Sydney Opera House Australia, Kinkakuji Jepang

Small World Purwokerto
Lindi, Azoya, Adia, Ghatan, Ayu, Alzena di Rumah Iglo Kutub Utara

Walau tak lengkap, tetapi SWP juga menyajikan miniatur bangunan dari beberapa tempat di Indonesia, ada Monas, rumah gadang, rumah honai, dan lain-lain.

Small World Purwokerto
Rumah Tongkonan Toraja

Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto

Keterangan gambar:
Atas: Bundaran HI, Monas, Rumah Adat Papua (Honai)
Bawah: Rumah Gadang Sumatera Barat, Rumah Lamin Kalimantan, Rumah Krong Bade Aceh

Miniatur-miniatur tersebut terbuat dari bahan kayu. Di sebelah masing-masing miniatur terdapat informasi mengenai bangunan tersebut. Tentu ini menjadi nilai lebih karena selain indah dan unik, juga bisa menjadi media pembelajaran buat anak-anak.

Cerita perjalanan sebelumnya: Sensasi Jurassic Park di Kepulauan Komodo dan Mengagumkannya Pink Beach

Wahana bermain untuk anak kecil juga lumayan banyak di sini. Malah justru ini yang menjadi daya tarik utama bagi anak-anak di bawah 10 tahun, dibandingkan dengan miniatur bangunan dunianya.

Tempat menarik lainnya adalah sebuah taman cantik tepat setelah kita memasuki area Small World Purwokerto. Terdapat kebun bunga plastik warna-warni yang sangat fotogenik, juga beberapa media cantik untuk berfoto.

Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto Small World Purwokerto

Keunggulan lain dari Small World Purwokerto adalah udaranya yang masih segar. Tentu saja, karena lokasi SWP juga berada di Baturraden yang sejuk, di kaki Gunung Slamet..

Fasilitas Pendukung

Sebagai tempat wisata yang dirancang untuk wisata keluarga, Small World Purwokerto mempunyai fasilitas cukup lengkap. Di area ini terdapat toilet yang bersih, mushola, dan warung-warung penjual makanan. Jadi kalau kalian ke sini enggak bawa bekal, tenang saja, banyak pilihan makanan yang dijajakkan di sini.

Curug Bayan

Tak jauh dari Small World Purwokerto, terdapat beberapa air terjun (curug) yang siap menyegarkan kalian yang kepanasan setelah seharian “keliling dunia”, seperti curug bayan, curug penganten, curug muntu, curug jenggala. Yang paling dekat adalah curug bayan, sehingga waktu yang tersisa kami manfaatkan untuk melipir ke curug bayan.

curug bayan baturraden
curug bayan baturraden

Curug Bayan mudah dijangkau, setelah memarkir mobil, kita harus berjalan kaki kira-kira sejauh 100m. Tiket masuknya Rp3.000/orang dan parkir mobil Rp5.000.

curug bayan baturraden
curug bayan baturraden

Curug Bayan tidak terlalu tinggi, tetapi cukup cantik untuk foto-foto selfie.. Dan jangan lupa udara di sekitarnya yang sejuk bisa merefresh pikiran. So kalau kalian main ke Small World Purwokerto, jangan lewatkan juga curug yang satu ini.

Hari beranjak sore. Sebelum gelap, kami meninggalkan Baturraden. Cukup melelahkan seharian ini telah “mengelilingi dunia” di Small World Purwokerto, dan ditutup dengan sejuk dan asrinya area sekitar air terjun.

……

Berkunjung 2017

Traveler Paruh Waktu

Travel Blogger Indonesia.

Related Posts

68 Responses
  1. Adi Stia Utama S

    Semakin banyak ya tempat wisata di indonesia yang sperti
    Selain untuk rekreasi juga bisa menambah pengetahuan ya mas barra
    apa lagi yang punya anak

  2. Hikkks, cedih akutu
    Waktu Aul ke sana itu pas lagi hari liburan.
    Jadinya ruameeee banget dan rombongan aul memutuskan untuk nggak jadi masuk dan cuman makan makan aja di luar nya, terus lanjut ke Baturraden

    ke Curug Jenggala enggak bang?
    Dahsyat banget disanaaaaa aul pernah share jg di blog hihi

  3. Haha iya lah liburan mah pasti rame.. Ini ke sana hari kerja jadi sepiiiii..

    Enggak ke sana Aul, soalnya waktunya udah terlalu sore kalau mau ke Jenggala :D.. Sebenernya awalnya mau ke sana sih..

    Wah entar coba diintip deh cerita tentang Jenggala nya 😀

  4. Juanda Salman Al'Fariz.R

    Tempatnya bagus, ada nih teman yang sudah pernah ke sini tapi akunya yanh belum. Ahaha
    Next time semoga kesampaian ke sini.

    Selamat mas bara udah jadi .com vakum kelamaan nih keknya aku, sampai ga tahu. Hehe

  5. Eh baru tau di Baturraden sekarang ada tempat wisata kekinian kayak gini. Konsepnya mirip kayak Window of The World di Shenzhen, Cina. Tapi ini versi murah sih, cuma Rp20.000,00 hahaha.

    Oalah asli Purwokerto toh, mas. Terus mana fotomu di situ, bro? 😀 Ayu itu istrimu ya?

  6. Astagahhh, aku orang Purwoketo malah belum pernah ke Small World loh, waktu itu pulang kampung cuma sebentar, mau kesana tapi rame banget, jadi batal deh.
    Reviewnya lengkap banget, cukup mengobati kerinduanku sama kampung halaman hehehe.

Leave a Reply