Pantai Lasiana, Ikon Wisata Kota Kupang

2

Deretan pohon lontar berjajar rapi mengikuti garis pantai pantai lasiana. Hamparan pasir terbentang luas, memisahkan daratan dengan lautan. Di saat-saat tertentu, hamparan pasir itu tak lagi halus karena dipenuhi oleh bebatuan yang terbawa arus. Senja tiba, semburat sinar terakhir mentari menembus rapatnya daun lontar. Sinar itu kemudian sirna, tenggelam di balik cakrawala.

pantai lasiana
girl and sunset di Lasiana

Pantai Paling Populer di Kupang

Kalau ada kesempatan mampir ke kota Kupang, singgahlah ke ikon wisata Kota Kupang, Pantai Lasiana. Pantai ini memang bukan yang tercantik, banyak yang lebih cantik, tapi mungkin Lasiana-lah yang paling populer di Kupang. Hampir semua orang yang pernah berkunjung ke Kupang tahu tentang pantai ini. Lasiana merupakan pantai yang paling tepat untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Pantai ini biasanya ramai kala weekend, entah pagi ataupun sore.

Lokasi

Lokasi pantai lasiana tak begitu jauh dari kota Kupang. Melewati jalan Timor Raya, jaraknya sekitar 12 km dari pusat kota Kupang ke arah Dili. Dari jalan Timor Raya, kita harus melewati jalan masuk sepanjang beberapa ratus meter sebelum disambut oleh pintu gerbang kedatangan. Enggak perlu khawatir nyasar, baik GPS maupun petunjuk jalan mengarahkan ke pantai ini secara tepat. Saya dan teman-teman biasa ke sana menggunakan sepeda motor. Waktu tempuh sekitar 30 menit dari kosan di daerah Jalan Palapa, Oebobo.

pantai lasiana kupang ntt
pantai lasiana kupang ntt

Aktivitas yang dapat dilakukan

Pantai Lasiana memiliki pantai yang luas dan lebar. Pantainya pun didominasi oleh pasir, sehingga bisa digunakan untuk bermain bola di pagi atau sore hari yang santai. Anak-anak bisa puas main pasir, sedangkan yang dewasa biasanya foto selfie atau bernarsis ria. 😀 Pohon lontar dan kelapa di sepanjang pantai memberi kesejukan dan keteduhan sendiri.

pantai lasiana
bermain bola di pantai lasiana

Air lautnya tenang dengan ombak kecil yang ramah untuk anak-anak berenang. Tapi pengawasan ketat dari orang tua tentu sifatnya wajib. Karena, walaupun secara umum ombak pantai lasiana aman untuk anak kecil, tapi di waktu tertentu pernah muncul buaya muara yang tentunya berbahaya. Ngeri kan.. Tapi kejadiannya jarang banget dan akan diumumkan ke khalayak ramai melalui berbagai media.

Terdapat banyak lopo atau pondok penjual makanan dan minuman di sekitar pantai lasiana. Ayam bakar, pisang gepe (pisang bakar khas Kupang), kelapa muda, dan jagung bakar adalah contoh yang dijual disana. Dan masih banyak makanan dan minuman lainnya yang dijajakkan. Saya dan teman-teman biasanya beli pisang gepe dan es kelapa muda. Terlebih saat cuaca lagi panas-panasnya, segeeer..

Baca juga artikel sebelumnya : Perjalanan menuju danau tiga warna kelimutu (klik di sini)

pantai lasiana kupang
bersapa senja di pantai lasiana kupang, NTT

Saya paling suka datang ke Pantai Lasiana di sore hari. Selain suasana yang lebih syahdu dan matahari yang tek terlalu terik menyengat, 😀 , ada bonus sunset indah yang menunggu.

So, kalau kalian datang ke Kota Kupang, jangan lewatkan Lasiana. Walaupun masih banyak pantai yang jauh lebih kece daripada pantai ini di Pulau Timor, tapi saya jamin deh gak ada yang selengkap di pantai lasiana fasilitasnya hihi.. Rasanya nggak lengkap kalau datang ke Kupang, terus jalan-jalan ke pantai-pantai keren macam Pantai Kolbano dan Pantai Tablolong, tapi nggak datang ke Pantai Lasiana. Wajib didatangin ya, ikon kota Kupang nih..

pantai lasiana kupang
with my bros

—————————-

Berkunjung 2011-2013

-Traveler Paruh Waktu-

 

Travel Blogger Indonesia.

Related Posts

2 Responses

Leave a Reply