10 Tempat Wisata di Kupang Terfavorit

Wisata Nusa Tenggara Timur saat ini sedang naik daun. Setelah Labuan Bajo dengan gugusan kepulauan cantik di taman nasional komodonya, kemudian menyusul Pulau Sumba dengan segala eksotismenya, baik pantai, bukit, dan air terjunnya yang sangat unik. Wisatawan dapat langsung menuju ke 2 daerah itu dari Bali atau Jakarta tanpa melalui ibukota dari provinsi NTT, Kupang. Tapi kalian juga bisa mengunjungi Labuan Bajo dan Sumba dengan terlebih dahulu berkunjung ke Kota Kupang. Hitung-hitung untuk menambah destinasi kota yang kalian kunjungi.

Setelah sampai Kupang, apa saja yang bisa dikunjungi? Kalau waktu kalian senggang dan ingin menjelajah pulau timor lebih jauh, sebenernya banyak tempat keren yang sayang bila dilewatkan, tetapi harus siap dengan petualangan dan trekking. Seperti misalnya pulau semau dengan pantai-pantai cantiknya, Fatuleu dan Fatubraun dengan view dari atas bukit yang keren, ada gunung mutis dengan keunikan-keunikan pemandangannya, atau pantai kolbano dengan batuan warna-warninya.

Baca cerita saat di Pantai Kolbano

Tapi kalau kalian hanya punya waktu singkat di kota ini, kemana ya sebaiknya?? Nah, traveler paruh waktu yang pernah tinggal selama 2 tahun di Kupang, ingin kasih referensi beberapa tempat wisata di Kupang yang bisa dikunjungi sekaligus dalam 1 atau 2 hari.

Apa aja yaa? Yuk simak..

  1. Bunker Jepang

    Lokasi bunker jepang ini persis di sebelah bandara el tari Kupang. Jadi begitu kalian sampai di Kota Kupang via jalur udara, sempatkanlah untuk mampir sebentar ke bunker jepang ini. Bunker ini berada di sebuah bukit yang lebih tinggi dari sekelilingnya sehingga kita bisa melihat sekeliling kota Kupang, termasuk view pantai yang cantik. Mungkin itu juga salah satu alasan Jepang membangun sebuah bunker di sini sehingga dapat mengawasi pergerakan pribumi.

    Terdapat beberapa bangunan bunker yang lokasinya berjauhan antara 1 bunker ke bunker lainnya. Bangunannya tampak tidak terawat dan dipenuhi oleh ilalang liar. Area di sekitarnya merupakan padang rumput yang akan menghijau saat musim penghujan dan berubah menjadi kecoklatan saat musim kemarau.

    Sebetulnya paling tepat datang ke sini saat sore hari karena kita akan disuguhi cantiknya matahari terbenam. Tetapi kalau waktu kita terbatas, boleh lah datang saat turun langsung dari pesawat 🙂

  2. Pantai Lasiana

    Setelah bunker jepang, destinasi berikutnya yang wajib dikunjungi adalah pantai lasiana. Pantai ini tak begitu jauh dari bandara el tari. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati sunset, tapi tak mengapa bila datang di siang hari.

    Gugusan pohon lontar akan menyapa kita di sepanjang pantai. Lopo penjual makanan ringan banyak tersedia di pantai ini. Air lautnya tenang dengan ombak kecil sehingga biasa dipakai anak-anak kecil untuk main air dan pasir.

    Baca cerita saat di Pantai Lasiana

  3. Pantai Kosambi

    Setelah dari pantai lasiana, destinasi berikutnya adalah pantai kosambi, lokasinya cukup jauh dari pantai lasiana menuju arah pelabuhan tenau.

    Lokasi pantai ini dekat dengan pelabuhan tenau dan berada tepat di depan goa monyet. Pantai ini dipenuhi dengan batuan karang yang tajam, namun di seberang jalan dari pantai terdapat padang rumput cantik yang biasa digunakan untuk sesi foto.

    Sedangkan di seberang laut tampak pulau semau yang menyimpan sejuta pesona keindahan.

  4. Goa Monyet

    Goa monyet berada tepat di seberang pantai kosambi yang terpisahkan oleh jalan, dan berada di sebelah padang rumput cantik.

    Di area ini terdapat sebuah goa yang kecil dan sempit dan kita hanya bisa masuk beberapa meter saja. Dinamakan goa monyet karena di lokasi ini banyak terdapat gerombolan monyet. Kita dapat membeli kacang di dekat pintu masuk dan memberi makan monyet-monyet di sini. Uniknya, terdapat beberapa kelompok monyet yang mempunya jam operasionalnya masing-masing untuk mencari makan di area ini.

    Baca cerita saat di Goa Monyet

  5. Pantai Bolok

    Pantai Bolok berada di pelabuhan bolok, dapat dijangkau hanya beberapa menit berkendara dari goa monyet. Lokasinya dekat dengan polair. Di lokasi ini terdapat terumbu karang yang indah dengan beragam jenis dan warna, begitu juga dengan ikan-ikannya. Kalau beruntung kita dapat berjumpa dengan penyu. Untuk bisa menikmati indahnya kehidupan underwater di daerah ini, ada baiknya berkoordinasi dulu dengan teman-teman komunitas underwater kupang (cek di instagram @underwaterkupang )

  6. Goa Kristal

    Hanya beberapa meter dari pantai bolok, terdapat sebuah goa kecil yang unik dengan warna air yang jernih dan menyala biru seperti kristal, terutama bila berkunjung di siang hari saat matahari lagi terik-teriknya. Jangan sampai lewatkan destinasi keren ini.

    Baca ceritanya: Goa Kristal

    Tempat Wisata di Kupang Goa Kristal
    Goa Kristal Kupang
  7. Air Terjun Oenesu

    Setelah dari goa kristal, selanjutnya mengunjungi air terjun oenesu. Terdapat sekitar 3 tingkat air terjun yang tidak terlalu tinggi tapi tak mengurangi kecantikannya. Lokasinya tak begitu jauh dari goa kristal.

    Walaupun tanah timor terkenal daerah yang kering, namun bukan berarti tak ada sumber air di sini. Setiap daerah yang depannya berawalan “oe” biasanya menyimpan air yang melimpah, termasuk air terjun oenesu ini.

    Pepohonan yang rindang di daerah ini menciptakan efek sejuk yang sekilas akan membuat kita lupa kalau kita sedang berada di Kupang yang panas.

    Baca cerita saa di air terjun Oenesu

  8. Pantai Tablolong

    Pantai Tablolong termasuk salah satu pantai cantik yang berada tak begitu jauh dari Kota Kupang, lokasinya searah dengan air terjun oenesu.

    Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dengan air laut yang membiru. Pantai ini juga salah satu spot favorit para pemburu sunset, tetapi datang sebelum sunset tiba juga tak mengapa karena pantainya juga begitu cantik.

    Baca juga cerita saat di Pantai Tablolong

  9. Pantai Tedis

    Setelah puas menikmati indahnya pantai tablolong, kita berputar kembali menuju daerah-daerah yang sebelumnya dikunjungi seperti goa kristal, pantai bolok, pantai kosambi, dan goa monyet. Selanjutnya berhenti di pantai tedis.

    Bagi kalian yang melewatkan momen matahari terbenam di pantai lasiana, bunker jepang, ataupun pantai tablolong, tenang saja, pantai tedis pun menawarkan momen sunset yang cantik. Sejatinya Kupang memang kota yang menawarkan begitu banyak spot untuk menikmati momen kembalinya sang mentari ke peraduan.

    Pantai ini berada di kota, sehingga sangat mudah mendapatkan cemilan ataupun minuman untuk menemani kita menikmati sunset.

  10. Kampung Solor

    Hanya beberapa meter dari pantai tedis, terdapat kawasan yang mulai menggeliat selepas matahari terbenam, kampung solor namanya. Di sini, aneka kuliner malam dijual, terutama seafood. Jangan lewatkan berbagai makanan lezat yang dijumpai di sini. Rasanya bintang lima, harganya kaki lima.

Itu dia rekomendasi 10 tempat wisata di Kupang yang bisa kamu kunjungi hanya dalam waktu singkat.

Ada rekomendasi lain? Silakan tulis di kolom komentar 🙂
——–
-Traveler Paruh Waktu-

Travel Blogger Indonesia.

Related Posts

51 Responses
  1. Kalau aku malah punya daftar sendiri tapi kalau sehari 10 lokasi di atas malah keok soanya beberapa tempat gak bisa dikunjungi bersamaan.. kalau mau dapet foto bagus.. nih beberapa lokasi alternatifnya: Pantai Paradiso kalau mau menikmati matahari terbit.. Pantai Nunsui untuk yang mau menikmati sunset, banyak spot foto di situ, ada juga Jembatan Bakau yang baru saja buka cuma sayang di bawah banyak sampah..

  2. Semua tempatnya menarik, kecuali goa monyet ga bakal aku datangin sih :p. Tp yg pasti goa kristal tuh yg wajib bangettt. Walo aku ga bisa berenang, apalagi dlm sungai bergoa gini, tp takjub aja liat wrna airnya yg biru banget begitu.. Cantiiik yaaa. .

    Air terjunnya juga sukaaaak. Jd kalo pake awalan OE, berarti sumber airnya banyak ya mas.. Ok ok… Kemarin itu diajakin temen ke kupang. Apa daya dia slaku ngajakin mendadak, sementara aku ga bisa cuti mendadak 🙁

  3. monyetnya gak galak2 kok disini, gak tau sih kalau sekarang 😀

    goa kristal itu emang wajib bgt, favoritku juga di kota kupang..
    iyaa, oe di pulau timur,, kalau di pulau sumba yang diawali "wai" yang ada banyak air..

  4. Halo mas bara 🙂

    Ku pas ke kupang cuma dateng ke 2 tempat..goa kristal ama tablolong karena harus lanjut ke Pulau Semau dan Timor Tengah Selatan. Moga next bisa mampir ke semua destinasi di sini heheh

  5. Ini sih tinggal nyiapkan dana dan waktu ya, Mas.
    Asik banget nih kalau bisa menjelajahi berbagai tempat wisata dalam sehari.
    Tulisan ini seolah jadi list untuk didatangin..hehe

  6. Penasaran sama Goa Kristal, airnya jernih dan biru sekali. Sebuah kemustahilan hal seperti itu bisa ada di dataran bekasi, hehehe.

    Btw itu Site Title nya ada yang typo, ketulisnya “Trave Blogger Indonesia”.

    -Fajarwalker.com

Leave a Reply