6 Tips Sewa Bus Agar Perjalanan Jadi Aman dan Menyenangkan

Kamu punya rencana untuk sewa bus dalam waktu dekat? Jangan sampai deh, agenda kamu terganggu gara-gara di perjalanan mengalami hal-hal yang tidak diharapkan.

Kamu perlu perencanaan yang matang dan detail sebelum menyewa bus. Termasuk, memastikan penyewaan bus yang kamu gunakan benar-benar oke. Nah, supaya perjalanan kamu aman dan menyenangkan, kamu bisa membaca terlebih dahulu 5 tips sewa bus yang saya bagikan berikut ini.

1. Memastikan Jumlah Orang yang Ikut

Kamu mesti tahu, seat bus itu beda-beda. Kamu bisa menyesuaikan pilihannya dengan mengukur seberapa banyak orang yang akan ikut dalam perjalanan.

Jangan sampai, ketika bus sudah disewa, ternyata kapasitas bus tak sesuai dengan jumlah penumpang. Ini pastinya bakal membuat sebagian penumpang jadi nggak nyaman saat melakukan perjalanan.

sewa bus untuk perjalanan bersama keluarga

Semakin apes jika kamu kebetulan jadi panitia perjalanan, mungkin kamu nanti akan jadi sasaran kekecewaan penumpang.

2. Memastikan Seat dan Fasilitas Bus yang Dipesan

Ketika kamu memesan bus, kamu juga harus cek fasilitas yang ditawarkannya. Sesuaikanlah dengan karakter dan latar belakang penumpangnya.

Jika banyak penumpang perokok misalnya, kamu bisa memilih bus dengan fasilitas smoking area. Lalu, cek juga fasilitas lain seperti AC, WiFi, termasuk konfigurasi tempat duduknya.

Jika budget kamu cukup besar, bisa sekalian juga sewa bus yang ada tempat karaokenya. Pasti perjalanan akan tambah menyenangkan.

3. Memastikan Harganya

Hal lain yang jangan sampai luput adalah harga. Ketika kamu mendapatkan harga yang ditawarkan oleh sales, kamu mesti cek harga tersebut sebagai biaya apa saja. Hanya untuk menyewa bus dan sopir atau sudah termasuk biaya lain seperti tol dan parkir?

Persoalan ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap perencanaan keuangan dalam perjalanan. Jangan sampai kamu salah perkiraan karena di jalan menemukan berbagai dana tak terduga.

Kalau sudah begitu, repot kan?

Baca juga: Menapakkan Kaki di Wisata Lembang Terfavorit

4. Memastikan Latar Belakang Rental Busnya

Kamu jangan dulu tergiur oleh sales agency sebelum memastikan latar belakang jasa penyewaan bus yang akan kamu gunakan. Perlu dipastikan bahwa track record perusahaan tersebut bagus.

Jangan sampai asal murah saja. Jika murah namun membuat perjalanan jadi tak nyaman, apa jadinya? Nggak mau kan?

5. Memastikan Penyewaan dilakukan pada Waktu yang Tidak Mepet

Agar kamu tak kehabisan pilihan ketika hendak menyewa, sebaiknya kamu melakukan booking tidak terlalu mepet dengan hari-H. Apalagi jika perjalanan yang kamu rencanakan sudah di plan sejak jauh-jauh hari.

Betapa repotnya jika menjelang hari-H kamu masih kebingungan mencari bus. Padahal, biasanya menjelang hari-H banyak hal lain yang mesti dipersiapkan.

6. Memastikan Kualitas Pelayanannya terhadap Customer

Terakhir, kamu juga perlu meyakinkan diri dengan melihat bagaimana perusahaan penyewaan tersebut memperlakukan kamu sebagai customer?

Dalam bisnis jasa, pelayanan terhadap pelanggan adalah hal yang nomor satu. Hal ini sudah tak bisa ditawar-tawar lagi.

Nah, untuk hal ini, saya punya rekomendasi sewa bus yang bisa memenuhi ekspektasi kamu. Saya sarankan, kamu coba memesan bus melalui aplikasi TRAC.

Aplikasi TRAC ini memungkinkan kamu menyewa bus melalui ponselmu. Tanpa harus survey ke lapangan, kamu bisa melihat produk-produk bus yang tersedia berikut layanannya. Hal ini jelas sangat menghemat waktumu.

Oh ya, aplikasi sewa bus ini juga sangat memudahkan kamu karena bisa menentukan titik jemput dan pengantaran yang akurat. Dari banyaknya fitur yang dimilikinya, tampaknya aplikasi ini sangat serius untuk melayani pelanggan. Kamu bisa coba saja langsung dengan mendownloadnya di Playstore atau Appstore.

Jadi, kapan piknik rame-rame?

seribu rumah gadang
family trip blogger sumbar ke solok selatan

***

traveler paruh waktu

Travel Blogger Indonesia. Traveler Paruh Waktu. 100% sundanese. ASN pengagum Ibu Pertiwi, terutama akan keindahan alamnya. Suka bertualang, suka bercerita, suka membuat video.

Related Posts

34 Responses
  1. Yaampun ke Solok Selatan Semoga pandemi ini cepat berlalu jd aku bs cepet mudik, klo aku tinggalnya di Kab Solok nya Mas. Hehehe..

    Btw, makasi ya tips buat jalan2 pake bus nya ya Mas..

  2. foto famtrip ke solok kan jadi bikin aku kepengen hahaha
    nama nama kota di sumbar terasa asing semua di aku ya 😀
    pernah dulu acara keluarga, sewa bis yang agak kecilan, dari Jember – Surabaya- Gresik. bawa rombongan temen temen hadi nenek aku, seru bisa bawa sekumpulan bapak ibu buat reunian dan jalan jalan bareng
    sayangnya dulu belum secanggih sekarang, jadi pas pesen kudu ke kantornya untuk booking dan memastikan aman

    1. makanya main dong ke sumbar mbak supaya ngga asing lagi haha..

      momen seru tuh ya jalan rombongan sekeluarga. aku dulu sering gitu juga waktu kecil tapi ngga di bus seringnya, rombongan mobil

  3. saya suka jalan-jalan cuma kekurangan saya ada di sini, di bus. saya paling nggak kuat kalau naik bus, paling hanya bertahan di 2-3 jam pertama, setelah itu saya bakal mabok darat. ya ampun sedih dan bkin perjalanan jadi nggak menyenangkan. hehe

  4. Aku belum pernah sewa bus sendiri sih mas, terakhir gathering kantor yg urus sewa bus atasanku sendiri, waktu itu belum ada aplikasinya kali.

    Semoga pandemi ini segera berakhir ya mas, biar bisa piknik rame2 sama teman atau keluarga

  5. Aku blm prnh sewa bus sendiri, biasanya yg ngelakuin kantor :D. Syukurnya selama ini dpt bus yg bagus2, jd nyaman aja di perjalanan. Aku termasuk rewel kalo masalah bus gini mas. Suka jijik-an soalnya. Gpp deh rada mahal, yg ptg interior dalam bersih , wangi dan dingin. Semua terawat.

    Kalo udh kliatan jelek, udah sebel banget deh. Kalo bukan acara kantor, mndingan aku cari transport lain.

    1. ya kalau di kantorku juga biasanya udh ada sendiri yg ngurusin sewa2 begitu sih, biasanya dari bagian umum hehe.

      haha, ya kalau ngga cocok sama preferensi sendiri emang susah sih ya mbak. kalau aku mah bebas aja sih tapi biasanya selalu dpt bagus busnya

      1. Kadang suka males kalau disuruh urusin outing perusahaan tuh gini, kudu telponin semua agen bus dan nyusun ittenerary melihat minat pegawai serta sesuain budget perusahaan. Kalau banyak tujuan, agennya juga bakal minta biaya lebih buat sopirnya, even gak terlalu jauh.

  6. Baca postingan ini saya jadi sadar kalau udah lama nggak naik bus sewaan/pariwisata. Kayaknya terakhir kali tahun 2015, deh, Bung. Itu pun saya cuma ikut aja dan nggak ngerasain betapa repotnya mencari dan menyewa bus. 😀

  7. Sudah sangat lama tidak berwisata dengan bus sewaan. Terakhir ya ziarah Wali Songo pas SD, hahaha. Apalagi sekarang banyak operator bus pariwisata punya armada yang lebih modern. Pasti nyaman. Saya malah punya cita-cita punya usaha bus pariwisata hahaha.

  8. Tips yang sangat menarik kak, jadi benar-benar siap untuk melakukan traveling dengan keluarga, tinggal menunggu pandemi selesai aja nih…. Oh yah kak, jika kakak senang untuk menulis diberbagi website, kunjungi website kami dan berbagi cerita bersama teman-teman traveler lainnya. Banyak manfaat yang didapatkan loh kak kalau artikel kakak termuat dalam website kami… Kami tunggu ya…

  9. Kang Barra. Aku oernah ikutan sama temen yang nyewa bus. Bus nya sih bagus. Tapi sayang atapnya bocor .

    Sepertinya hal di atas harus dipertimbangkan. Jangan liat view body luar deh Kang. Jujur aku kapok, view luar bagus banget, eh pas di jalan atap bocor dan mogok.

    Di jemput malah pake mobil butut tapi mesinya alus.

    Maap Kang, Udah lama gak nyeruput kopi di sini. Di tunggu artikel tentang Solselnya Kang.

    Btw kenapa gak mampir atuh Kang, Ke solok?

    1. waduuuh apes bgt dpt yg atapnya bocor, itu pas hujan ya?? nasiiib nasiib.. mana mogok pula. combo deh. lalu yg jemput mobilnya butut pula haha, sabar ya uda..

      ya kalau solok sering bgt kok dimampirin hehe

  10. Jadi ingat pas piknik rame2 sama teman2. Memang waktu itu kita pesan bus yang gedean juga biar agak leluasa, terutama kalau ada yang badannya besar atau yang tinggi, kan kakinya pasti butuh leluasa ya….

    1. Alku belum pernah nyewa bus… tapi naik buss patas pernah..
      Yang penting bus nya bersih wangi dang paling utama sopir bus nya kalau nyetir jangan sampai ngebut ugal-ugalan .. karena keselamatan penumpang tergantung sama supir juga.
      Makasih mas Bara atas info aplikasi TRAC . Siapa tahu kapan-kapan aku mau nyewa bus.

  11. Belum lama ini saya punya pengalaman cukup menggelikan, dimana saat membantu teman berniat mengangkut sofa seken dengan menyewa bus travel, ternyata barangnya tidak muat.

    Akhirnya dengan berbagai cara sampai harus lepas kaki sofa segala, sofa berukuran “jumbo” tersebut bisa dimasukkan kedalam bus.

    Ini jadi pengalaman tentang betapa pentingnya sebuah perencanaan. Hal-hal yang merepotkan tentu tak perlu terjadi seandainya semua direncanakan dengan matang. Begitu kira-kira ya kang?

  12. Sepintas jadi inget tahun lalu 2019.. pas saya ditunjuk jadi sie. Transportasi acara Family Gathering…

    Hmmm kesel banget.. awalnya udh cocok. Udh di DP… terus tiba2 harganya naik.. naiknya sembarangan pula.. mngkin mereka langsung nggeh kalau ini dari perusahaan jadi harganya dinaikin.. jadi sempatlah saya debat sama agennya… akhirnya yg saya kira masalah transport udh beres harus pusing2 nyari lagi deh…

    Seandainya udh tau aplikasi ini dulu. Mngkin bakalan beda ceritanya.. hehe

    Karena waktu makin mepet. Akhirnya ke perusahaan rekanan sebelah buat minjam bis jemputan mereka.. ehh ternyata dpetnya bisa murah banget. Hahaha bisnya baru pula..

  13. Iya, harga tuh yang penting. Harus jelas, apakah sudah termasuk makan driver atau belum, bensin, biaya tol, dan lain-lain. Tapi emang kalau rombongannya besar, ya mendingan naik bus. Kalau konvoy mobil, yang ada malahan tunggu-tungguan di jalan. Lebih repot lagi.

Leave a Reply