Wisata Kuliner Medan, Enak Gak Sih???

Tiap jalan ke suatu tempat, salah satu hal yang tak akan saya lewatkan adalah mencicipi kulinernya. Begitu juga saat jalan-jalan ke Kota Medan, kata orang sih enggak lengkap kalau enggak nyobain beberapa kuliner terkenalnya seperti Durian Ucok misalnya.. Kata orang, kuliner Medan itu enak-enak. Hmmm, emang iya kah??? Rasa penasaran akhirnya menuntun saya dan Ayu untuk menyambangi beberapa tempat kuliner terkenal di Medan. Jadi kesimpulannya, wisata kuliner Medan, enak gak sih??? Let’s check it out

Seafood Wajir

Bicara soal Kota Medan, siapa sih yang enggak tahu kuliner medan Seafood Wajir? Rasanya, setiap orang yang sehabis berkunjung dari Medan selalu membicarakan kelezatan seafood di restoran ini. Kesempatan ke Medan kali ini tentu tak kami sia-siakan untuk mampir ke restoran ini. Wisata kuliner medan pun dimulai dari titik ini.

Begitu sampai di restoran kuliner medan ini, setiap sudutnya terlihat penuh oleh para pelanggan. Setiap meja terlihat dipenuhi berbagai makanan yang mayoritas adalah seafood. Setelah dapat meja, langsung saya sambar buku menu. Pilihan santap malam saya kali ini jatuh kepada ikan bakar.

Gimana rasanya?? Menurut saya emang enak sih, tapi mungkin enggak istimewa kali yah.. Kalau boleh saya bandingkan dengan masakan ikan di daerah lainnya di Indonesia, entah kenapa lidah saya lebih cocok dengan masakan ikan segar di Sulawesi..

Si Bolang Durian

Siapa yang baru tahu si bolang durian ini ngacuuung..{{cuuuung}}.. Si bolang durian sebenarnya bukan tujuan utama dalam wisata kuliner di Medan kali ini.. Kami memang mengincar duren, tapi pasti kalian tahu lah duren apa yang paling terkenal di Medan??? Yap! Duren Ucok!! Nah kebetulan malam itu kami kehabisan duren di Durian Ucok, pilihan wisata kuliner medan duren pun kami alihkan ke si bolang durian.

Si bolang durian ini tempatnya kekinian, rapi dan eye catching dengan hiasan berbentuk duren di setiap sudutnya.. Kenyamanan tempatnya disempurnakan dengan alunan musik yang vokalisnya suka melempar lelucon, kadang garing dan sebagian besar mengundang decak tawa para pengunjung.

wisata kuliner medan si bolang durian
si bolang durian medan

Pertama, kita memilih dan mencicipi duren yang terpampang di etalase. Setelahnya, duren akan dihidangkan di meja kita. Dari sekian banyak duren yang saya cicipi malam itu, semuanya ngga ada yang gagal, enak semua!! whoaaaa.. asli durennya enak-enak banget..

Ucok Durian

Walau udah berpesta duren di Durian Sibolang, rasa penasaran sama Ucok Durian tetap masih ada. Ya walau bagaimanapun Ucok Durian lebih terkenal dan lebih ikonik, sehingga rasanya rugi kalau datang jauh-jauh ke Medan tapi enggak sempet nyicipin duren ucok. Ucok durian ini udah jadi salah satu ikon wisata kuliner medan bung, jangan dilewatkan!!

Tempatnya terlihat lebih sederhana dibanding Durian Sibolang yang dikemas lebih anak muda dan kekinian. Tetapi pengunjung yang datang sama-sama banyak. Yaa, namanya juga kuliner medan legendaris.

wisata kuliner medan ucok durian
UCOK!!

Setelah memilih duren, bagian paling inti dimulai, yaitu menikmatinya. Rasanya?? enak! Tapi agak surprise juga sih karena menurut saya ternyata Durian Sibolang lebih enak. Entah emang lebih enak di Sibolang atau kebetulan aja dapet duren di sibolang yang bagus-bagusnya dan di ucok bukan yang bagus-bagusnya..

Jangan lupa saksikan petualangan saya menjelajah Kota Medan dan mencicipi kuliner medan di channel Youtube Traveler Paruh Waktu

Mie Aceh Titi Bobrok

Memang kuliner khas Aceh, tapi restoran mie aceh titi bobrok di Kota Medan ini juga ramenya luar biasa, dan udah jadi salah satu ikon kuliner medan. Itulah kenapa rasanya sayang kalau pertama kali ke Medan tapi enggak membuktikan kelezatan mie aceh satu ini.

Selain hidangan ala Aceh, di sini juga ada pilihan kuliner lainnya seperti misalnya martabak mesir dan lotek buah.

kuliner medan mie aceh titi bobrok
bukan kaleng-kaleng lae

Mie Aceh goreng kepiting menjadi pilihan saya kali ini. Rasanya? Hmmm,,, rasanya di lidah saya semua makanan bakalan enak-enak aja sih, ahahah.. Tapi kalau saya bandingkan, rasanya emang lebih enak daripada mie aceh mie aceh yang dijual di Kota Padang, tetapi tetap tak seenak Mie Aceh yang pernah saya cicipi di Kota Banda Aceh. Walau bagaimanapun, di tempat asalnya biasanya rasanya tetap terbaik sih.

Lontong Medan

Makanan khas medan ini biasanya banyak dijumpai di waktu-waktu pagi atau siang. Sebenernya saya bukan pecinta lontong, tetapi seporsi lontong medan yang saya makan kala itu ternyata habis juga dengan kilat (doyan apa laper ya?). Hidangan ini dibentuk dari berbagai bahan seperti lontong, tauco, kerupuk, ikan teri, bihun dan aneka bumbu yang membuatnya semakin gurih.

Kalau datang ke Medan, pokoknya jangan lupa untuk mencicipi lontong medan. Terdapat penjual lontong medan di setiap sudut kota ini.

Mana yang paling berkesan??

Dari berbagai kuliner yang saya coba selama di Medan, menurut saya Durian Sibolang adalah yang paling mengesankan. Tempatnya cozy, ada hiburan live music yang kadang ngelawak juga, dan tentunya duren-durennya yang menurut saya terbaik dari yang terbaik. Kurangnya cuma 1 aja sih, harganya mahal, hahaha…

Jadi, kuliner Medan, enak gak sih??? Enaaaak!!!!!

—————
Traveler Paruh Waktu
Berkunjung Oktober 2018

Travel Blogger Indonesia.

Related Posts

36 Responses
  1. akupuuuuun lbh suka sibolang drpd ucok. yg pertama durian lbh enak, yg kedua nyaman drpd ucok. memang sih lbh mahal, tp worth it lah ama rasa dan tempat kaan 😉

    trus kalo mie aceh titibobrok, toooss kita. rasanya enak, tp biasa aja. masih jauuh lbh enak mie kepiting yg aku pernah coba di banda aceh :p

    pusing aku kalo disuruh milih mana yg palibg enak di medan :p. karena rata2 enak banget ato enak ajaaa hahahah

  2. cobain kalo ke Medan Bar, resto/cafe vintage gitu, menunya jadul..tp tetep enak, aku paling suka es potongnya, terus waiternya pake baju putih2 kayak pegawai kolonial gitu, kamu pasti suka hehe..

  3. Unknown

    Mie Aceh Medan emang paling jempolan! Pernah nyobain salah satu mie Aceh yg katanya paling enak di Bandung. Pas nyobain, eh masih kalah sama punya Medan

  4. Betul sekali. Berpetualang kuliner adalah salah satu cara menyenangkan untuk mengenali suatu daerah. Aku juga selalu menyempatkan diri mencicipi kuliner lokal. Nggak harus brand atau tempat tertentu, tapi yang penting dapet makanannya.

    Gue nggak suka durian sih xD

    Gak coba makanan Batak bro? Ada kok yang halal. Ikan arsik misalnya. Tapi ke Sumut memang leluasa kalau non-muslim :))

Leave a Reply