5 Tempat Terindah di Tanjung Bira yang Rugi Kalau Kamu Lewatkan

Tanjung Bira, siapa yang nggak tahu? Daerah di Sulawesi Selatan ini menjadi incaran banyak traveler untuk dikunjungi. Jaraknya sekitar 5 jam perjalanan dari Kota Makassar. Tanjung bira adalah gabungan antara pasir putih, tebing-tebing cantik, air laut dengan 3 warna, leluhur para penjelajah dan senja yang indah.

Tanjung Bira sudah ada dalam bucket list traveling saya sejak tahun 2013. Tahun 2019 ini akhirnya mimpi saya menjadi kenyataan. Dalam perjalanan menjelajah pulau Sulawesi selama lebih dari 1 bulan, saya pun dari awal telah meniatkan untuk berkunjung ke Bira, yang akhirnya menjadi kenyataan.

Ada banyak sekali tempat indah di Bira. Tapi, saya bukanlah tipe traveler yang harus bin kudu bin wajib mengunjungi semua destinasi di suatu wilayah. Biasanya saya hanya akan mengunjungi tempat-tempat yang menurut saya paling worthy. Kecuali kalau waktu saya tak terbatas, misal tinggal di daerah wisata tersebut, saya bisa menjelajah sampai akar-akarnya hehe..

Sebelum masuk ke inti bahasan, saya menyarankan buat kamu yang ingin menjelajah wilayah Tanjung Bira agar membawa kendaraan. Beberapa lokasi indah ini cukup terpencil sehingga akan lebih bagus kalau kamu bawa kendaraan, entah itu kendaraan sendiri atau menyewa motor.

Nah, dari berbagai tempat di Tanjung Bira, saya putuskan dan realisasikan mengunjungi 5 tempat yang menurut saya adalah yang terbaik di Bira. Apa saja 5 tempat itu? Ini dia, 5 tempat terindah di Tanjung Bira yang wajib kamu datangi.

1. Pantai Bira

Tempat pertama yang biasanya dicari oleh wisatawan yang datang ke tanjung bira adalah pantai bira, tentu saja. Pantai bira adalah daya tarik utama tempat ini. Lokasinya juga strategis karena paling dekat dengan pusat keramaian dan beragam penginapan.

pantai bira tanjung bira
pantai bira

Mayoritas wisatawan yang datang ke kawasan tanjung bira menginap di sekitar area pantai bira. Penginapannya tersedia mulai dari yang kelas backpacker sampai kelas turis. Saya juga menyarankan buat kamu yang mau liburan ke bira, carilah penginapan di area ini. Pilihannya banyak, tinggal disesuaikan dengan kantong kamu.

sunset tanjung bira
sunset tanjung bira

Di pantai bira, selain dapat menikmati keindahan pantainya, kamu juga dapat menikmati proses kembalinya matahari ke peraduannya. Mau saat terik atau saat senja, pantai bira selalu menggoda.

Tiket masuk: Rp10.000, kendaraan Rp5.000

2. Pantai Bara

Ada pantai bira, ada juga pantai bara. Menurut saya sih, Pantai Bara adalah pantai yang memiliki nama terindah di dunia. Guess why?? Hahaha..

Lokasi pantai bara berada tak jauh dari pantai bira. Sebenarnya, kedua pantai masih berada dalam 1 garis pantai yang sama. Dari bira, bara terlihat, begitu pun sebaliknya.

pantai bara tanjung bira
pantai bara

Ada 2 cara menuju pantai bara dari pantai bira. Pertama jalan kaki menyusuri pantai. Opsi ini buat kamu yang nggak takut capek dan ingin menikmati keindahan pantai dengan lebih hakiki.

Cara kedua, kamu harus memutar menggunakan kendaraan melewati pemukiman penduduk. Jalan yang dilalui jelek dengan kerikil yang menutupinya.

Kalau ingin menikmati pantai yang lebih indah dan suasana yang lebih sepi, kamu sebaiknya menginap di dekat pantai bara. Lokasi pantai bara yang lebih tersembunyi dibanding pantai bira menjadikan pantai ini masih lebih alami dan terjaga.

Tiket masuk: Free (kalau bawa motor, parkir Rp5.000)

3. Tebing Apparalang

Beberapa kilometer dari pantai bira, terdapat pesona alam yang luar biasa cantik, tebing apparalang namanya. Lokasi tebing ini berada di desa Ara.

Lokasi tebing apparalang cukup jauh dari perkampungan. Kita akan melewati jalan paving block yang dilanjutkan dengan jalan tanah berbatu dengan kebun di kanan kirinya. Memang perlu perjuangan menuju lokasi tebing ini, sebelum pemandangan seindah surga menyambut.

tebing apparalang
tebing apparalang

Kalau beruntung, kamu juga bakal disambut oleh monyet-monyet hitam endemik Sulawesi di perjalanan. Bentuknya sedikit mirip beruk sumatera, tetapi warnanya hitam pekat. Tenang, monyet-monyet ini ngga galak kok.

Menurut saya, tebing apparalang adalah tempat tercantik di kawasan Tanjung Bira. Yang membuatnya menarik adalah bentuk tebing tegak lurus yang terlihat gagah dengan dasar yang berbatasan langsung dengan birunya laut. Pepohonan rimbun berwarna hijau menjadi topping dari gagahnya tebing itu.

Tiket masuk: Rp10.000

4. Titik 0 km Bira

Di Tanjung Bira, kita bisa mendapatkan sunrise dan sunset sekaligus. Sunset bisa kita lihat di pantai bira. Sedangkan untuk melihat sunrise, lokasi yang saya rekomendasikan adalah titik 0 km Bira.

Titik 0 km Bira adalah tempat yang indah buat menikmati matahari terbit. Konturnya mirip dengan tebing apparalang namun tak seindah apparalang. Tebing-tebing menjulang tinggi tepat di pinggir laut.

titik 0 km bira
titik 0 km bira

Lokasi titik 0 km bira lumayan terpencil. Lokasinya nggak begitu jauh dari pantai bira namun aksesnya cukup susah. Jalanan berupa jalan tanah pengerasan berpadu dengan kerikil. Kanan kiri jalanan adalah hutan dan semak belukar yang rimbun.

Sebaiknya jangan pergi sendirian karena di sekitar tempat ini masih banyak babi liar berkeliaran. Saat saya menuju ke titik 0 km bira, saya bertemu segerombolan babi hutan berjumlah belasan. Begitu menyadari kehadiran saya, mereka langsung berlarian masuk ke semak belukar.

Tiket masuk: sepaket dengan tiket masuk pantai bira

5. Tana Beru

Tempat keren terakhir yang harus kamu kunjungi jika sedang traveling ke tanjung bira adalah Tana Beru. Di sinilah, cerita tentang gagahnya nenek moyang kita bermula. Dari tempat inilah, penjelajahan lautan oleh nenek moyang kita dimulai.

kapal pinisi tana beru
tana beru

Tana Beru adalah kawasan pantai sebelum kawasan tanjung bira. Sebenarnya, pantainya biasa saja. Namun daya tarik utama Tana Beru bukanlah keindahan pantai.

Di Tana Beru inilah, ketangguhan kapal pinisi dibuat. Proses pembuatan 1 kapal pinisi membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, tergantung seberapa besar kapal dan seberapa rumit interiornya.

kapal pinisi
kapal pinisi

Jika kamu berkunjung ke Tana Beru, kamu bisa menelusuri ruangan demi ruangan dari kapal pinisi yang sedang dibuat. Asal, kamu meminta ijin dulu kepada para pembuat kapal. Kalau meminta dengan sopan, pasti diijinkan kok, yang penting nggak buat onar.

Tiket masuk: Free


Wisata di Tanjung Bira bukan hanya 5 tempat itu. Masih banyak tempat indah yang bisa dikunjungi. Tetapi, 5 tempat itu adalah tempat mandatory yang nggak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke Tanjung Bira.


Berkunjung Januari 2019

Traveler Paruh Waktu

 

Travel Blogger Indonesia.

Related Posts

8 Responses
  1. Udah lama banget gak mampir kesini..
    Lokasi wisata di indonesia itu masih murah loh.. tapi kenapa males dijalannya… wkwkwk
    Hebat bgt bisa kesana dan menuju surganya sulawesi itu memang harus sabar dlm perjalananya udah kayak ninja hatori. Pasir pantainya putih banget dan airnya jg biru… kapan bisa kesana ya ajakin donk kalo traveling hehe

  2. Wah aku kira Tanjung bira itu satu lokasi aja yang “itu” aja. Ternyata ada banyak yaaa..
    Next time kalau ke Makassar harus mampir kesini nih.

    Terakhir kesana baru main ke pulai koding areng keke ajaa 😀

  3. ah tanjung bira, bikin kangen!
    aku pernah ke sana dan gak akan bosen buat balik lagi ke sana >.<
    sebulan di Sulawesi kemana aja tuh mas lengkapnya? kasih tau dong haha

Leave a Reply